Monday, September 14, 2015

Keindahan batu alam dan fosil dari Semedo Kabupaten Tegal

Di hari senin pagi ini penulis tertarik akan fenomena batu alam atau batu akik di Indonesia yang sedang booming saat ini. Seperti di daerah daerah lainnya, di Kabupaten Tegal juga menyimpan kekayaan bebatuan alam yang tak kalah dari daerah lainnya. Diantaranya batu Apik Sung dari margasari, sejenis batu bacan bumijawa, dan tentunya batu fosil dari situs purbakala yang terletak di desa Semedo kabupaten Tegal.


Sekitar 4 bulan yang lalu, masyarakat kabupaten Tegal khususnya penggemar batu akik berbondong bondong menuju desa Semedo untuk mencari fosil fosil tulang yang banyak ditemukan di hamparan sungai desa semedo. Dengan cepat berita tersebar kesuluruh pelosok daerah kabupaten tegal. Alhasil desa Semedo pun menjadi kian ramai dikunjungi masrakat pecinta batu akik.
Dari mulai orang dewasa hingga anak anak kecil pun turut mencari fosil fosil yang memang banyak ditemukan di sekitaran sungai tersebut. Untuk nantinya diolah dan dipoles menjadi batu akik yang indah dan bernilai seni tinggi. Tak hanya fosil tulang saja yang ditemukan, namun bebatuan alam lainnyaa juga banyak ditemukan dari aliran sungai yang terhubung di kaki gunung gajah orang sekitar menamainya.

Fosil tersebut merupakan fosil dari tulang hewan yang sudah terpendam selama ratusan tahun dan tak lagi utuh,yang memang keberadaanya banyak terdapat di daerah Semedo. namun memang fosil tersebut bukan merupakan fosil utuh yang keberadaanya dilindungi dari pengelola situs purbakala desa semedo. jadi masyarakat pun diperbolehkan mencari sendiri di sekitaran sungai, dengan pengawasan tentunya, agar tidak terjadi eksplorasi berlebihan pada daerah tersebut.

Begitu banyak keindahan alam dan kekayaannya yang beraneka ragam di daerah Kabupaten Tegal yang jarang diketahui oleh daerah lain. Ikuti terus blog ini untuk info menarik seputaran legenda daerah dan kisah kisah menarik dari kabupaten Tegal.